3 Faktor Yang Menjadi Penyebab Depreasi

Cara Bebas stress, Depresi, Gangguan Depresi, Gangguan Mental, Gangguan Psikologi, gelombang otak, Masalah Kesehatan, Mengatasi Depresi, Menyembuhkan Stress, Penyebab Depresi, Pikiran Bawah sadar, Stimulasi Pikiran Bawah sadar, terapi bawah sadar, terapi gelombang otak3 Faktor Penyebab Depresi – Depresi merupakan gangguan psikologis yang berhubungan dengan mood seseorang, ketidakstabilan kondisi emosional yang mempengaruhi seluruh proses mental ( berpikir, perasaan dan perilaku ) seseorang yang terjadi dalam waktu yang cukup lama. Hal ini bisa ditandai dengan munculnya perasaan tak berdaya, tidak punya harapan, sedih berkepanjangan, kehilangan minat, berkurangnya energi yang mengakibatkan penderita mudah lelah, menurunya tingkat aktivitas dan resiko gangguan kesehatan lainya.

Penyebab Depresi secara umum dapat dapat diakatagorikan sebagai berikut ini:

3 Faktor Penyebab Depresi

  1. Faktor Biologis

Tubuh menghasilkan hormon neropinefrin dan serotonin yang merupakan neurotransmiter yang mempengaruhi gangguan mood ( patofisiologi ). Beberapa penelitian menyebutkan bahwa gangguan mood yang melibatkan patologik dan sistem limbiks serta ganglia basalis dan hyponthalamus, hal inilah yang menjadi faktor penyebab depresi yang biasa terjadi.

  1. Faktor Genetika

Faktor gentika dapat menjadi penyebab depresi? ya, data genetik menyebutkan bahwa faktor yang mempengaruhi perkembangan gangguan mood adalah genetik. Pada penelitian anak kembar terhadap gangguan depresi berat, pada anak kembar monozigot adalah 50 %, sedangkan dizigot 10 – 25 %.

  1. Faktor Psikososial

Faktor inilah yang menjadi penyebab depresi pada umumnya, faktor ini menjadi penyebab hampir sebagian besar kasus depresi yang terjadi. Faktor psikososial menjadi bahan penelitian penyebab oleh banyak ahli psikologi di berbagai penelitian. Faktor psikososial ini antara lain;   Peristiwa kehidupan dan stress lingkungan : suatu pengamatan klinik menyatakan bahwa peristiwa atau kejadian dalam kehidupan yang penuh ketegangan sering mendahului episode gangguan mood.

  • Faktor kepribadian Premorbid : Tidak ada bentuk keperibadian khusus pada seorang penderita, setiap orang beresiko mengalami gangguan depresi. Namun beberpa keperibadian seperti; pendiam, OCD, histerik lebih rentan terhadap resiko ini.
  • Faktor Psikoanalitik dan Psikodinamik : Penyebab depresi berhubungan dengan perasaan kehilangan dan kesedihan. Dan hal tersebut akan berimbas pada kemarahan yang ditujukan pada diri sendiri. Apabila pengidap depresi menyadari bahwa mereka tidak hidup sesuai dengan yang mereka harapkan, akan mengakibatkan mereka putus asa.
  • Ketidakberdayaan: Perasaan tak berdaya menghadapi tekanan juga menjadi penyebab depresi secara psikososial. Ketika penderita berada dalam kondisi sedih yang berlarut-larut perasaan tidak berdaya juga akan muncul an akan semakin memperparah kondisi depresi.

Ketiga faktor umum penyebab depresi diatas yaitu psikobiologi, genetika serta dan psikososial akan saling berhubungan satu sama lain. Hal ini lah yang menjadi penyebab depresi yang umum terjadi pada seseorang. Secara umum kondisi ini ditandai dengan gejala-gejala seperti; murung, sedih berkepanjangan, sensitif, mudah marah dan tersinggung, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya konsentrasi dan menurunnya daya tahan tubuh. Waspadai Gejala Depresi Berikut Ini >>>

Penanganan serius perlu dilakukan pada penderita depresi, agar kondisi ini tidak semakin mengganggu kondisi kejiwaan, kesehatan fisik dan juga resiko-resiko lain yang bisa ditimbulkan dari kondisi semacam ini.

Share Ke Sabahat Anda :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0Share on Tumblr0