6 Bahaya Akibat Kebiasaan Menggigit Kuku

6 Bahaya Menggigit Kuku pada Kesehatan dan Tubuh, Bahaya Menggigit Kuku, Kebiasaan Buruk, Kebiasaan Menggigit Kuku, Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku, Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk, Gigit Kuku, Akibat Kebiasaan Menggigit Kuku, Bahaya Sering Menggigit KukuBahaya Menggigit Kuku – Semua orang pasti memiliki kebiasaan yang berbeda satu sama lain. Seperti memutar rambut, menghisap jempol, atau menggigit kuku. Kebiasaan menggigit kuku biasa terjadi saat seseorang dalam keadaan bosan, cemas, stress, atau disebabkan oleh kebiasaan kompulsif (kebiasaan yang berulang ulang).

Kebiasaan menggigit kuku ini juga dikenal sebagai Onychophagia [onycho = kuku Phagia = makan]. Jadi sering disebut kebiasaan kronis makan kuku yang harus dirawat oleh penyedia layanan kesehatan mental. Karena kebiasaan ini dianggap dapat merusak.

Kebanyakan orang berpikir kegiatan menggigit kuku buruk karena dianggap jorok. ternyata tak sekedar jorok, kebiasaan ini juga memiliki akibat yang sangat fatal bagi kesehatan dan tubuh. Berikut ini bahaya menggigit kuku bagi kesehatan dan tubuh.

Bahaya Menggigit Kuku bagi Kesehatan dan Tubuh

  1. Infeksi

Bahaya menggigit kuku yang pertama adalah infeksi. Hal ini terjadi karena pelindung antara kuku dan lipatan kuku pecah karena lembab. Kemudian bakteri dapat masuk ke celah kuku. Sehingga menyebabkan infeksi pada jari.

  1. Kutil

Menggigit kuku dapat menimbulkan munculnya kutil kuku, kasar, dan keras di sekitar atau dibawah kuku yang disebut tumor jinak. Kutil dapat merusak pertumbuhan kuku dan menyebar ke bagian tubuh lain. Dan penyembuhannya pun sangat sulit karena letaknya berada di bawah permukaan kuku.

  1. Terkena penyakit menular seksual

Kebiasaan ini mengakibatkan anda terkena virus HPV (Human Papilloma Virus) yang menyebar melaui hubungan seksual dan setelah menyentuh daerah intim. Sehingga virus ini terdapat pada kuku tangan. Saat anda menggigit kuku, virus dapat menyebar ke bibir dan mulut sehingga virus semakin menyebar ke tubuh.

  1. Masalah Pada Gigi

Kebiasaan buruk ini juga ternyata dapat memberi efek buruk pada gigi. Menyebabkan gigi bergeser pada posisi salah, keropos, dan radang atau infeksi gusi karena bakteri dan virus pada kuku.

  1. Menurunkan kesehatan

30% orang yang gemar menggigit kuku memiliki kualitas kesehatan yang lebih rendah. Karena orang dengan gangguan ini lebih sering terkena bakteri, stress, dan gangguan kesehatan lainnya.

  1. Menurunkan Intelegensi (IQ)

Hal ini terjadi karena menumpuknya timah pada kuku kemudian masuk ke dalam mulut sehingga menyebabkan keracunan dan penurunan perkembangan anak. Termasuk menurunnya tingkat intelegensi anak.

Share Ke Sabahat Anda :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0Share on Tumblr0