Apa Itu Fobia Sosial? Dan Apa Penyebabnya

apa itu fobia sosial, penyebab fobia sosial, fobia sosial, gangguan kecemasan, ketakutan sosialTahukah Anda? Fobia Sosial merupakan penyakit mental terbesar ke-3 di dunia.

Fobia sosial adalah gangguan mental yang berhubungan dengan rasa takut serta kecemasan seseorang. Penyakit psikologis ini ditandai dengan timbulnya rasa takut/cemas pada situasi-situasi sosial tertentu. Hal ini mengakibatkan penderita mengalami tekanan dalam diri sehingga menyebabkan terganggunya fungsi kehidupan penderita. Gangguan mental ini dapat terjadi pada siapa saja. Tidak hanya pada orang dewasa gangguan dapat bermula ketika seseorang masih dalam usia anak-anak.

Fobia sosial dibedakan dalam 2 bentuk

  1. Fobia sosial umum, yaitu timbul perasaan takut yang intens dan kronis, persaan-persaan tersebut berupa; perasaan dihakimi orang lain, dipermalukan atau dihina atas tindakan yang dilakukan, secara terus menerus.
  2. Fobia sosial khusus, yaitu munculnya perasaan takut ketika berada dalam situasi sosial tertentu saja.

Gejala yang timbul dari gangguan ini biasanya secara berupa;

  • Kulit wajah memerah
  • Munculnya keringat berlebih
  • Tubuh gemetar
  • Jantung berdegup kencang
  • Perut Mual
  • Gangguan berbicara (gagap).

Sementara gejala secara psikologis bisa berupa serangan panik (panic attact). Gejala-gejala tersebut bisa terjadi ketika menghadapi situasi sosial tertentu. Dan pada tingkat yang parah gejala bisa dirasakan setiap saat karena adanya persaan diawasi.

Penyebab Fobia Sosial

  • Faktor Biologis

Secara biologis rasa takut dan kecemasan dalam tubuh manusia disebabkan oleh adanya subtansi kimia yang disebut 5 hydroxytryptamine. Subtansi kimia inilah yang berfungsi menyampaikan informasi pada sel-sel otak. Ketidakseimbangan andungan tersebut dalam tubuh akan memunculkan serangan rasa takut dan cemas.

  • Faktor Psikologis

Persaan rendah diri, ketakutan mengalami penolakan atau tidak diterima di lingkungan sosial adalah penyebab seseorang cenderung mengalami fobia sosial. Faktor percaya diri yang rendah juga dapat menyebabkan hal tersebut.

  • Pola Asuh Dalam Keluarga

Pola pengasuhan dalam keluarga adalah pelajaran pertama yang akan melekat dalam pikiran bawah sadar dan akan terbawa seiring tumbuh kembangnya menuju dewasa. Kondisi tekanan ketika masih dalam usia dini, dan orang tua yang tidak mendidik anak dalam keterampilan sosial akan meningkatkan kecenderungan gangguan ini pada anak.

  • Situasi Lingkungan Sosial Sekitar

Adanya tindakan diskriminatif dari lingkungan dapat menyebabkan timbulnya gangguan ini pada seseorang. Sering berada pada kondisi atau situasi sosial yang tidak berpihak atau tidak memberi kesempatan seseorang untuk berinteraksi sosial dengan wajar.

Berbagai resiko buruk dapat terjadi pada penderita fobia sosial. Resiko terberat yang dapat ditimbulkan dari gangguan ini yaitu menyebabkan kematian pada penderita. Rasa takut dan cemas secara berlebihan dan terus-menerus pada penderita akan menyebabkan depresi, frustrasi dan putus asa. Hal ini tentu akan memicu tindakan lain yang lebih berbahanya seperti; penggunaan obat-obatan hingga bunuh diri.

Untuk itu, Jika Anda, keluarga dan orang-orang terdekat Anda mengalami hal ini, maka sangat perlu bagi Anda untuk melakukan pendekatan. Melakukan tindakan pencegahan dan mengatasi fobia sosial ini sehingga resiko terburuk tidak akan terjadi. Baca juga Cara Mengatasi Fobia Sosial.

Share Ke Sabahat Anda :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0Share on Tumblr0