Apa Itu Kecanduan? Dan Apa Penyebabnya?

gelombang otak, Masalah Kesehatan, Masalah Mental, Masalah Psikologis, terapi bawah sadar, terapi binaural beats, Terapi Kesehatan, Terapi Mental, Terapi Penyembuhan, Terapi Psikologis, Terapi Relaksasi

Kecanduan/ketagihan/ketergatungan adalah suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang mengkonsumsi zat tertentu, atau terlibat dalam suatu kegiatan yang dapat menyenangkan dan menjadikan hal tersebut sebagai suatu tindakan yang kompulsif sehingga dapat mengganggu kehidupan orang tersebut. Bentuk kecanduan secara umum dibedakan menjadi 2, yaitu;

  • Kecanduan pada makanan atau zat adiktif tertentu yang dikonsumsi oleh tubuh, seperti; gula/makanan manis, alkohol, nikotin/rokok, narkotika dan obat-obatan terlarangang.
  • Kecanduan pada suatu kegiatan, misalnya; belanja, bermain game, berjudi, aktifitas seksual dan lain lain.

Seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya menyadari apa yang terjadi pada diri mereka, akan tetapi mereka cenderung mengabaikan dampak negatif yang terjadi pada diri mereka atau pun orang lain dari perilaku dan tindakan adiktif tersebut.

Kecanduan juga dapat diartikan sebagai tindakan seseorang yang memiliki reaksi berlebihan terhadap suatu hal, sehingga memiliki kecenderungan untuk mengulangi hal tersebut. Perilaku ini menghasilkan respon fisik maupun psikologis yang mengikat pada suatu zat atau tindakan. Seperti pada pecandu obat, ketika mereka tidak mengkonsumsi obat tertentu dalam beberapa waktu mereka akan merasa kekurangan suatu hal dalam hidup mereka, hal ini memicu reaksi yang berlebihan pada fisik dan psikologis mereka misalnya; lemas, tak berdaya, sakit, tertekan dan stress.

Pada dasarnya seorang pecandu memiliki tekanan dalam diri mereka secara psikologis sehingga hal ini juga akan  berimbas pada tekanan yang terjadi pada fisik mereka. Di dalam pikiran bawah sadar seorang pecandu akan mengatan “ Jika saya tidak mengkonsumsi obat ini tubuh saya akan seperti ini, lemas, sakit dan sebagainya “ atau “ Jika saya tidak melakukan hal ini, hidup saya sepertinya ada yang kurang” . Dalam kasus yang lebih berat, anggapan dalam pikiran bawah sadar seorang pecandu tersebut bisa saja menjadi lebih ekstrim dan tidak masuk akal.

Gejala Kecanduan

gejala kecanduan adalah ketidakmampuan untuk membatasi penggunaan zat atau kegiatan di luar kebutuhan yang mengarah ke penurunan yang signifikan secara klinis. Hal ini dapat ditandai dengan adanya keinginan atau dorongan berlebihan untuk menggunakan bahan atau kegiatan. Dan hal tersebut cenderung dilakukan secara berulang-ulang dan lambat laun terjadi peningkatan intesitas. Adanya efek samping baik secara fisik maupun emosional ketika menghentikan kegiatan yang menyebabkan ketergantungan.

Seseorang bisa dikatakan telah menjadi pecandu, ketika kebiasaanya tersebut telah mengganggu pekerjaan, sosial, dan tanggung jawab keluarga, menciptakan gangguan psikologis dan masalah interpersonal, memiliki efek negatif pada kesehatan , suasana hati, diri, diperburuk oleh efek dari zat tertentu itu sendiri. Semua pecandu memiliki kapasitas untuk menginduksi perasaan malu dan rasa bersalah, rasa putus asa, dan perasaan gagal. Selain itu, kecemasan dan depresi adalah kondisi umum di antara orang-orang dengan substansi dan kecanduan perilaku.

Mengatasi Kecanduan

Melihat penyebab seseorang mengalami kondisi ini perlu dilakukan agar bisa mendapatkan treatment atau pengobatan yang sesuai dan efektif. Kecanduan adalah suatu masalah psikologis yang memerlukan penanganan yang khusus. Sebelum kebiasaan ini merusak atau menurunkan kualitas hidup seseorang sebaiknya segeralah untuk menghentikan atau mengatasi kondisi ini. Pengobatan atau penyembuhan gangguan ini sangat berbeda-beda, tergantung apa yang membuat seseorang menjadi pecandu. Penanganan kondisi ini bisa dilakukan secara medis atau pun secara pendekatan psikolokogis. Pengobatan masalah psikologis seperti kecanduan ataupun kebiasaan buruk ini juga bisa dilakukan melalui Terapi Musik Binauran Beats yang bisa Anda peroleh di www.terapibawahsadar.com.

 

Share Ke Sabahat Anda :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0Share on Tumblr0