Gelombang Otak Manusia

gelombang_otak_manusiaOtak adalah pengendali segala aktivitas Anda dan didalam otak Anda terdapat milyaran sel neuron yang saling berkomunikasi ( saling terhubung ) yang mampu memancarkan gelombang listrik, gelombang listrik yang dihasilkan oleh otak inilah yang di sebut “gelombang otak”. Jadi arti gelombang otak adalah gelombang atau arus lisrik yang dihasilkan oleh otak.

Gelombang otak Anda bisa dikukur dengan alat Electroencephalograph (EEG), alat tersebut mendeteksi gelombang otak Anda. Frekuensi gelombang otak yang dihasilkan oleh neuron bermacam-macam, yaitu antara 0-30 Hz dan dapat digolongkan menjadi gelombang delta, theta, alpha dan beta. Setiap gelombang otak Anda mempunyai fungsi dan manfaat yang berbeda sesuai dengan kondisi psikoligis Anda.

frekuensi gelombang otak

Nah, berikut adalah pnjelasan singkat tentang gelombang otak secara umum, sesuai dengan karakteristik dan jenis gelombang otak.

Gelombang Otak Beta (14-30 Hz)

Manfaat: Waspada, Konsentrasi.
gelombang otak Beta mampu menjaga pikiran kita tetap tajam waspada dan fokus. Pada kondisi gelombang otak Beta maka otak Anda akan mudah menganalisa, mengumpulkan informasi, menjalin koneksi, dan dapat memberi solusi serta memberi ide –ide yang cemerlang.gelombang otak Beta sangat bermanfaat untuk motivasi kerja, meningkatkan kemampuan belajar, membuat karya yang berkualitas,maupun aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi dan kewaspadaan tinggi.

Gelombang Alpha (8-13.9 Hz)

Manfaat : Kreativitas, Relaksasi, Visualisasi
Gelombang otak Alpha mampu mendorong Anda ke kondisi relaksasi yang mengalirkan energy kreativitas, relaksasi dan kesehatan tubuh, gelombang Alpha cenderung pada perenungan dan pemecahan masalah, dan visualisasi yang dihasilkan memicu kreativitas Anda.

Gelombang Theta (4-7.9 Hz)

Manfaat: Relaksasi mendalam, Meditasi, Peningkatan Memori
Berbeda dengan kondisi beta, gelombang theta lebih lambat, gelombang theta muncul pada saat kita sedang mengantuk dan mau tertidur, mungkin Anda pernah bermimpi secara sadar atau setengah sadar, pada saat itulah gelombang theta sdang aktif. Gelombang otak theta sangat cocok di gunakan untuk meditasi lebih dalam, yang dapat menghasilkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, meninangkatkan kreativitas dan pembelajaran, bahkan kebutuhan kurang tidur.

Gelombang Delta (0.1-3.9 Hz)

Manfaat: Penyembuhan, Tidur Sangat Nyenyak.
Pada Kondisi Delta maka gelombang otak Anda akan semakin melambat, gelombang otak delta sering disebut kondisi tidur lelap dan sangat dalam, gelombang otak delta juga membantu pelepasan hormon pertumbuhan manusia, sehingga bermanfaat untuk penyembuhan. Gelombang otak delta mampu mengakses pikiran bawah sadar.

Share Ke Sabahat Anda :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0Share on Tumblr0