Pentingnya Mengajarkan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Dini

Kecerdasan Anak, Meningkatkan Kecerdasan Anak, Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Emosi Anak, Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak, Kecerdasan EQKecerdasan emosional pada anak – Seberapa pentingkah mengajarkan kecerdasan emosional pada anak? Kecerdasan emosional merupakan kemampuan sesesorang untuk mengelola emosinya secara sehat. Tentu hal ini sangat penting diajarkan pada anak sejak usia dini.

Kecerdasan emosional disbut-sebut lebih banyak menjadi penentu kualitas kehidupan seseorang dibanding kecerdasan secara akademik. mengajarkan kecerdasan emosional pada anak sejak usia dini tentu akan sangat baik bagi tumbuh kembangnya.

Sebagai contoh; anak pintar dalam pelajaran sekolah, akan tetapi ia tidak dapat mengontrol emosi, mudah tersinggung, cemas dan tidak percaya diri atau takut untuk tampil disepan umum. Tentu saja hal ini akan mengakibatkan kecerdasan intelektual yang ia miliki tidak berguna.

Nah, untuk itu perlu adanya keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional ini dalam diri seseorang. Jika sekolah telah mengajarkan akademik pada anak, sekarangan giliran Anda sebagai orang tua untuk mengajarkan kecerdasan emosional pada anak Anda.

Cara Mengajarkan Kecerdasan Emosional Pada Anak

  1. Berikan empati pada anak

Berempati suatu bentuk dukungan pada anak ketika mereka mengalami masalah secara emosional. Sikap pengertian orang tua akan membantu anak terlepas dari masalah emosi yang di alami. Anda tidak harus selalu setuju dengan tindakan anak, namun setidaknya Anda mengambarkan bahwa Anda mengerti apa yang ia rasakan.

  1. Berikan ruang untuk anak berekspresi

Anak-anak tentunya masih kesulitan untuk membedakan emosi dalam diri mereka. Sebagai orang tua tugas Anda adalah dengan lebih banyak menerima ekspresi dari anak. Menyangkal, meminimalkan ataupun penolakan terhadap perasaan seperti rasa takut atau marah hanya akan membuat mereka jauh dari perasaan tersebut. Hali ini tentu akan membuat anak akan kesulitan mengatasi hal tersebut dikemudian hari. Jelaskan pada anak bahwa mengalami sebuah perasaan merupakan hal yang wajar bagi manusia.

  1. Mendengarkan perasaan anak

Saat anak tengah mengekspresikan perasaannya di sana ah sebenarnnya ia ingn didengarkan. Ketika orang tua peka terhadap hal tersebut, yang perlu Anda lakukan hanayalah datang mendengarkan perasaan anak. Jangan memarahi atau memaksa anak untuk cepat-cepat menghilangkan perasaan yang dirasakan. Oleh karena ketika anak mengalami masalah secara emosional, di situ lah ia akan belajar untuk mengatasi masalah dalam dirinya.

  1. Mengajarkan anak cara menyelesaikan masalahnya

Ajarkan pada anak untuk mengelola emosi dalam diri mereka dengan mengatur nafas, merasakan emosinya, kemudian berikan toleransi tanpa perlu melakukan tindakan yang buruk. Emosi merupakan pesan, pada anak ataupun orang dewasa yang mengerti bahwa emosi yang diterima dan dimengerti akan membuat mereka lebih mudah dalam mengatasinya. Saran orang tua merupakan solusi terbaik untuk mengajarkan kecerdasan emosional pada anak.

  1. Bermain bersama anak

Bermain adalah cara belajar yang tepat bagi anak-anak usia dini. Bermain juga akan mengajarkan berbagai ekspresi perasaan serta emosi. Ketika anak mengalami massalah emosional yang tidak bisa ia kendalikan, mengajaknya bermain adalah cara untuk mengalihkan emosinya. Kedekatan orang tua dan anak dalam permainan akan mempermudah orang tua mengajarkan kecerdasan emosional pada anak.

Share Ke Sabahat Anda :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0Share on Tumblr0