Penyebab Kanker Serviks dan Gejalanya

Penyebab Kanker Serviks dan Gejalanya, Penyebab Kanker Serviks, Gejala Kanker Serviks, Ciri-ciri Kanker Serviks, Mengobati Kanker Serviks, Penyembuhan Kanker Serviks, Kanker Serviks, Obat Kanker ServiksPenyebab Kanker Serviks – kanker serviks termasuk penyakit yang sangat ditakuti dan dihindari oleh para wanita. karena kanker ini termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi para wanita di dunia. Sesuai dengan namanya, penyakit ini menyerang di bagian mulut rahim atau serviks. Dan tentu saja penyakit ini hanya diderita oleh kaum wanita.

Penyebab Kanker Serviks

Seperti halnya penyakit lainnya yang ada di dunia ini, pasti ada faktor yang menyebabkan munculnya penyakit kanker serviks tersebut. Sebelum kita mengetahui apa saja gejala dan ciri ciri kanker serviks, sebaiknya anda mengetahui penyebab kanker serviks berikut ini terlebih dahulu.

Umumnya penyakit kanker serviks ini disebabkan oleh infeksi yang bernama Human Papillomavirus (HPV). Sedangkan penyebab terbanyak kematian pada wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Virus ini sangat mudah berpindah melalui cairan, sentuhan kulit, maupun penggunaan WC yang sudah terkena virus HPV.

Selain penyebab kanker serviks utama tersebut, kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker ini. Seperti kebiasaan merokok, sering melakukan kebiasaan intim dengan berganti ganti pasangan, berhubungan intim pada usia dini, faktor keturunan, dan penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama.

Gejala dan Ciri-ciri Kanker Serviks

Kanker serviks membutuhkan proses yang sangat panjang yaitu antara 10-20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang awalnya berasal dari infeksi. Sehingga pada tahap awalnya sulit terdeteksi. Meskipun begitu, ciri ciri berikut bisa menjadi petunjuk adanya penyakit kanker serviks.

  1. Pendarahan pada vagina

Pendarahan yang tidak teratur atau tidak normal (bukan haid) merupakan ciri yang paling umum dari kanker serviks. Pendarahan terjadi diluar siklus menstruasi atau setelah berhubungan badan. Atau biasanya muncul keputihan yang disertai darah.

  1. Rasa sakit saat berhubungan suami istri

Jika saat berhubungan anda cenderung merasakan sakit tanpa sebab yang berarti, pastikan anda langsung berkonsultasi dengan dokter. Sebab kecenderungan rasa sakit selama berhubungan juga menjadi salah satu faktor paling tinggi penyebab kanker serviks.

  1. Nyeri di sekitar pinggul

Rasa nyeri di sekitar pinggul juga dapat menjadi faktor penting yang harus diperhatikan terkait ciri ciri kanker serviks.

  1. Keputihan yang abnormal

Keputihan merupakan suatu hal yang biasa. Namun jika keputihan tersebut jumlahnya sangat besar, tidak seperti biasanya, dan sangat mengganggu tentu ada sesuatu yang terjadi pada diri anda. Salah satunya mungkin adalah kanker serviks.

  1. Pendarahan menstruasi yang lebih banyak

Darah menstruasi yang keluar pada hari pertama sampai hari ke tiga memang biasanya  banyak. Namun jika darah menstruasi yang keluar tetap banyak sampai berhari hari bahkan berminggu minggu, anda sudah harus curiga dengan penyakit yang mematikan ini.

Itulah beberapa penyebab kanker serviks dan gejalanya yang dapat anda perhatikan. Sebaiknya anda melakukan tes pap smear dan melakukan tes IVA setidaknya 2 tahun sekali untuk mendeteksi adanya penyakit kanker serviks.

Share Ke Sabahat Anda :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0Share on Tumblr0