Penyebab Menurunannya Daya Ingat Di Usia Muda

Sangat wajar jika seiring bertambahnya usia bisa menjadi penyebab menurunnya daya ingat manusia. Tapi bagaimana jika penurunan daya ingat ini terjadi pada mereka yang usianya terbilang masih muda dan produktif?

Penurunan daya ingat di usia muda memang bisa saja terjadi. Hal ini ditengarai oleh berbagai faktor baik itu gaya hidup, kondisi fisik dan berbagai kondisi psikologis. Sudah sewajarnya bagi Anda untuk melakukan pencegahan sedini mungkin untuk menjaga kesehatan otak dan daya ingat Anda.

Lalu bagaimana cara mencegah hal tersebut?

Pertama yang Anda harus pahami adalah bagaimana penurunan daya ingat bisa terjadi. Nah, dari hal tersebut dapat kita cari tahu apa sih hal-hal yang dapat menjadi penyebab menurunya daya ingat ini?

Berikut Penyebab Menurunannya Daya Ingat Di Usia Muda

  1. Kurang Tidur/Istirahat

Kelelahan dan kurang beristirahat adalah hal yang penyebab menurunya daya ingat yang umum terjadi pada kaum muda. Gaya hidup anak muda yang lebih suka beraktivitas di malam hari, nongkrong hingga larut malam dan begadang ini dapat menyebabkan tubuh kelelahan dan kurang tidur. Nah, oleh sebab itu perlu kiranya mencukupi kebutuhan istirahat Anda minimal 6 jam tidur dalam sehari. Cukup beristirahat dapat menjaga kebugaran tubuh dan memaksimalkan fungsi dan kinerja otak sehingga daya ingat Anda akan bekerja secara maksiamal.

  1. Depresi

Inilah hal yang sering terjadi pada anak-anak muda terlebih yang masih dalam usia remaja. Kondisi psikologis yang masih labil, menyebabkan mereka rentan sekali terhadap baper, galau, hingga depressi. Depresi merupakan hal yang menjadi penyebab  menurunnya daya ingat di usia muda. Mengapa demikian? secara fisik ketika seseorang mengalami depresi sisitem imunitas tubuh akan melemah, hal ini akan mengganggu kinerja tubuh dan otak. Dan secara psikis seseorang yang depresi cenderung hanya memikirkan masalah yang dia alami sehingga akan melemahkan daya ingat dan konsentrasinya terhadap hal lain.

  1. Konsumsi Gula Berlebih

Mengkonsumsi makanan manis dapat menyebabkan menurunya daya ingat. Ah masa iya sih?. Konsumsi gula berlebih dapat gangguan konsentrasi atau ADHD, hal ini akan membuat seseorang kehilangan fokus dan penurunan daya ingat. Mengkonsumsi gula secara berlebihan juga dapat mengakibatkan Anda rentan terkena diabetes. Yang mana penyakit ini dapat memiliki komplikasi yang menjadi penyebab menurunya daya ingat.

  1. Konsumsi Alkohol dan Obat-obatan

Alkohol dan obat-obatan yang mengandung zat adictif dapat menjadi penyebab menurunya daya ingat dan penurunan fungsi otak lainya. Mengkonsumsi alcohol berlebihan dapat menjadi racun bagi otak dan daya ingat. Obat-obatan juga dapat membahayakan otak dan mengurangi kemampuan mental seperti obat penenang dan zat psikotropika lainya. Para pecandu alcohol dan obat-obatan awalnya akan bermasalah dengan daya ingat jangka pendek, kemudian amnesia dan berlanjut diperparah dengan masalah daya ingat jangka panjang.

  1. Kekurangan Vitamin B12

Asupan nutrisi tubuh sangat mendukung kinerja dan kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat. Untuk itu mencukupi kebutuhan akan nutrisi yang diperlukan otak juga sangat dianjurkan. Kekurangan nutrisi seperti vitamin B12 juga dapat menjadi penyebab penurunan daya ingat. Jika hal ini dibiarkan akan mengakibatkan penurunan daya ingat yang serius. Oleh sebab itu mencukupi asupan vitamin B12 sangat penting bagi kesehatan dan daya ingat otak. Cukupi asupan vitamin B12 dari ikan, telur, daging, ungags, susu, dan produk susu dll.

Itulah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab menurunya daya ingat di usia muda. Menghindari kebiasaan-kebiasaan diatas serta mencukupi asupan nutrisi otak adalah cara tepat bagi Anda mencegah terjadinya masalah pada daya ingat dan kemampuan otak. Otak adalah aset vital dalam kehidupan Anda menjaga kesehatannya sejak dini memungkinkan Anda memiliki daya ingat yang terjaga di masa depan.

Selain dengan pencegahan Anda juga bisa menjaga dan memaksimalkan kemampuan otak serta daya ingat Anda dengan berbagai cara. Salah satunya dengan terapi musik binaural beats untuk menjaga daya ingat serta meningkatkan kinerja otak yang Anda miliki

 

Share Ke Sabahat Anda :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0Share on Tumblr0