Penyebab Sembelit dan Cara Mengatasinya

gelombang otak, Masalah Kesehatan, Masalah Konstipasi, Masalah Pencernaan, Mencegah sembelit, Mengatasi Konstipasi, Mengobati sembelit, Penyebab sembelit, Sembelit, Stimulasi Pikiran Bawah sadar, terapi bawah sadar, terapi gelombang otak, Terapi Kesehatan, Terapi Penyembuhan, terapimusikPernah mengalami sulit buang air besar? jika ya, berarti Anda pernah mengalami kondisi yang disebut konstipasi atau sembelit. Apa itu sembelit? Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi tidak dapat buang air besar secara teratur atau bahkan tidak sama sekali. Biasanya kondisi ini dtandai dengan gejala-gejala tertentu, seperti feses/tinja menjadi keras dan padat, serta ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, sehingga sulit atau tidak lancar saat dikeluarkan.

Penyebab Sembelit – Sembelit dapat terjadi pada seseorang dalam waktu singkat, dan ada pula yang mengalaminya dalam waktu yang cukup lama atau kronis. Tingkatan penyakit ini bisa sangat berbeda-beda pada tiap penderita. Sembelit yang terjadi dalam jangka panjang biasanya menyebabkan rasa sakit dan rasa ketidaknyamanan yang bisa memengaruhi rutinitas sehari-hari. Penyebab sembelit ditengarai oleh beberapa hal berikut;

Penyebab Sembelit Secara Umum

Pola Makan Yang Buruk

Pola makan sangat menentukan kesehatan metabolisme tubuh. Konsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak tercukupinya kebutuan serta tubuh dapat menjadi penyebab sembelit.

Kurangnya Konsumsi Air Putih

Sama halnya dengan serat dan nutrisi lainnya, air sangat penting bagi kelancaran metabolisme tubuh. Kurangnya asupan air dalam tubuh dapat menjadi penyebab sembelit.

Kehamilan

Wanita 2 kali lebih beresiko terkena sembelit dari pada pria. Mengapa demikian? karena sembelit sering terjadi pada ibu hamil.

Faktor usia

Tidak menutup kemungkinan bahwa faktor usia juga sangat berperan menjadi penyebab sembelit. Penurunan kemampuan metabolisme tubuh seiring bertambahnya usia membuat penyakit ini sangat rentan terjadi pada lansia.

Penyakit Lainya

Meski jarang terjadi, penyakit-penyakit yang memengaruhi hormon juga dapat menjadi penyebab konstipasi. Misalnya diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme).

Gangguan pada Kolon dan Rektum

Gangguan syaraf di sekitar kolon dan usus besar, dan terjadinya penyumbatan pada rektum juga menyebabkan kondisi ini. Hal ini bisa saja terjadi karena kinerja otot-otot pada kolon dan rektum juga akan terpengaruh jika ada gangguan pada sistem saraf di sekitar bagian tersebut.

Kebiasaan buruk

Kebiasaan mengabaikan keinginan buang air besar juga bisa menjadi penyebab sembelit. Menunda keinginan buang air besar dapat menimbun feses didalam usus besar yang mengakibatkan pengerasan feses sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Kecemasan

Beberapa orang mungkin memiliki gangguan kecemasan ketika berada di dalam toilet, terlebih jika berada di toilet umum. Kecemasan inilah yang menjadi penyebab sembelit. Hal ini akan membuat seseorang mengabaikan keinginanya untuk buang air besar.

Kondisi Gangguan Mental dan Depresi.

Gangguan mental dan depresi membuat seseorang mengalami degradasi aktivitas secara normal. Hal ini akan merubah kebiasaan sehari-hari pada seseorang, seperti halnya kebiasaan rutin untuk buang air besar. Sehingga hal ini akan menyebabkan seseorang menunda atau mengabaikan keinginannya untuk buang air besar.

Cara Mengatsi Sembelit

Perubahan pola makan dan gaya hidup dianjurkan sebagai penanganan pertama untuk mengobati konstipasi. Langkah penanganan ini meliputi:

  • Meningkatkan konsumsi serat per hari secara bertahap.
  • Banyak minum air putih.
  • Lebih sering berolahraga.
  • Ubah kebiasaan buruk

Sembelit dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit wasir, serta impaksi feses atau menumpuknya tinja kering dan keras di rektum. Jika sudah pada kondisi tersebut tentu saja akan sangat berbahaya begi kesehata Anda.

Mengatasi Sembelit Dengan Terapi

cd terapi onstipation-Menghilangkan-Sembelit,gelombang otak, terapi otak,Selain dengan cara-cara diatas Anda bisa menggunakan Terapi Binaural Beats Constipation. Terapi ini merupakan salah satu media terapi yang menggunakan frekwensi gelombang otak sebagai media untuk membantu pengguna dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan, baik fisik, psikis dan juga permasalahan lainnya, termasuk mencegah dan menyembuhkan sembelit. Terapi Binaural Beats Constipation ini dapat digunakan untuk mengatasi penyebab secara psikologisi maupun biologis sebagai terapi pencegahan dan penyembuhan sembelit.

 

Infomasi produk Terapi Binaural Beat Constipation bisa Anda peroleh di sini

 

Share Ke Sabahat Anda :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0Share on Tumblr0