Inilah Penyebab Seseorang Sulit Bergaul

Manusia adalah makhluk sosial yang berarti manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Namun disadari atau tidak, sebagian orang mungkin mengalami kegagalan atau kesulitan dalam menjalani interaksi sosial dalam pergaulan. Hal ini bisa menyebabkan dampak negatif bagi kehidupan yang mereka jalani. Lalu apa yang sebenarnya menjadi penyebab seseorang sulit bergaul?

8 Penyebab Seseorang Sulit Bergaul

  • Introvert

Introvert merupakan bentuk keperibadian seseorang yang cenderung tertutup dengan orang lain dan lingkungan. Pribadi yang tertutup inilah yang menjadi penyebab seseorang kesulitan dbergaul. Keperibadian ini biasanya memang biasanya terbentuk oleh faktor genetika. Meskipun demikian keperibadian tertutub bisa diubah seiring niat dan kemauan diri sendiri.

  • Tidak Percaya Diri

Penyebab seseorang sulit bergaul yang berikutnya adalah tidak percaya diri. Ketidakpercayaan akan kemampuan diri dalam bergaul dengan orang lainlah yang menyebabkan seseorang akhirnya benar-benar menyebabkan seseorang sulit bergaul.

  • Minder / Rendah Diri

Rendah diri juga menjadi faktor penyebab seseorang kesulitan bergaul. Seseorang akan merasa dirinya menjadi lebih rendah dar orang lain, inilah yang diakibatkan oleh rasa minder. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam keberanian seseorang bergaul atau berteman dengan orang lain.

  • Sifat Kaku Dalam Pergaulan

Kaku dalam pergaulan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu menyesuaikan atau memulai interaksi. Hal ini berhubungan dengan komunikasi seperti memulai pembicaraan, menyesuaikan percakapan yang berlangsung, tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan sebagainya. Sifat kaku inilah yang menjadi penyebab seseorang sulit bergaul.

  • Memiliki Gangguan Psikologis

Gangguan psikologis atau gangguan mental menyebabkan seseorang menjadi penyebab seseorang sulit bergaul. Gangguan psikologis ini seperti gangguan emosi, bipolar, dan sebagainya yang menyebabkan seseorang akan dijauhi oleh orang lain.

  • Trauma Sosial

Pengalaman buruk dalam pergaulan di masa lalu yang menyebabkan efek traumatik pada sisi psikologis seseorang dapat berakibat pada fobia atau ketakutan dalam bergaul. Hal ini juga dapat menjadi penyebab seseorang kesulitan bergaul.

  • Faktor Lingkungan

Lingkungan yang tertutup secara tidak langsung akan membentuk keperibadian yang tertutup bagi seseorang. Lingkungan yang tertutup inilah yang pada akhirnya bisa menyebabkan seseorang kesulitan dalam bergaul.

  • Kebiasaan Yang Tertanam Dalam Alam Bawah Sadar Seseorang

Inilah penyebab seseorang kesulitan dalam bergaul secara umum dan mewakili seluruh faktor penyebab di atas. Semua penyebab ini akan saling berkesinambungan. Seperti pengalaman buruk dalam pergaulan mengakibatkan seseorang rendah diri dan kurang PD secara tidak langsung ini akan menjadi kebiasaan yang tertanam dalam alam bawah sadar mereka. Keperibadian tertutup akan terbentuk seiring semakin kuatnya kebiasaan yang tertanam dalam alam bawah sadar ini.

Nah, itulah hal-hal yang menjadi penyebab seseorang sulit bergaul. Mengetahui penyebabnya adalah cara yang tepat dalam mendapatkan solusi untuk merubah kebiasaan tersebut. Kebiasan seperti sulit dalam bergaul bukanlan sesuatu yang permanen, melainkan kebiasaan yang dapat diubah. Dengan niat, kesungguhan serta usaha dari orang tersebut hal ini tidak mustahil untuk diatasi atau dihilangkan.

Share Ke Sabahat Anda :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0Share on Tumblr0