Perilaku Orang Tua Yang Menghambat Kesuksesan Anak

5-Perilaku-Orang-Tua-Menghambat-Kesuksesan-AnakMendidik anak tentu wajib hukumnya bagi para orang tua. Pendidikan dan pola asuh yang baik tentu sangat menentukan kesuksesan anak di masa depan. Akan tetapi masih banyak orang tua yang melakukan kesalahan dalam hal ini. Beberapa perilaku orang tua dalam mendidik anak malah bisa menghambat kesuksesan anak di masa depan.

Untuk itu sebagai orang tua jika Anda ingin buah hati Anda sukses di masa depat hindarilah 5 perilaku berikut ini dalam mengasuh buah hati Anda.

5 Perilaku Orang Tua Yang Menghambat Kesuksesan Anak

  1. Melarang Anak Mengambil Resiko

Sikap waspada dan hati-hati dalam menjaga anak-anak, membuat para orang tua cenderung tidak membiasakan putra-putrinya mengambil sebuah resiko. Larangan ini lah yang sebenarnya akan membuat anak jadi terbatasi dalam memilih pengalamanya sendiri. Jika anak terlalu terkekang dalam hal ini, akan menyebabkan terjadinya fobia pada anak terhadap hal baru yang menantang. Selain itu, mereka akan memiliki arogansi tinggi dan rendah diri dalam kepemimpinan kelak.

  1. Terlalu Mudah Memberikan Bantuan

Langkah keliru orang tua yang menghambat kesuksesan anak di masa depan selanjutnya adalah terlalu mudah memberikan bantuan pada anak. Jika anak dalam masalah biarkan lah anak mencoba menyelesaikanya sendiri terlebih dulu. Biarkan anak memecahkan persoalan yang mereka hadapi secara mandiri. Tugas Anda sebagai orang tua adalah mengawasi serta mengarahkan anak jika dirasa anak sudah membutuhkan bantuan. Jika Anda terlalu mudah memberikan bantuan pada anak, anak bisa kehilangan kemampuan dalam menyelesaikan masalahnya di masa depan kelak.

  1. Terlalu Mudah Memuji

Memberi pujian atau membanggakan anak secara berlebihan juga memiliki dampak yang fatal terhadap kesuksesan anak kelak. Pernahkah Anda melihat orangtua yang selalu membanggakan anak-anaknya yang meraih juara dalam sebuah kompetisi? Ya, label juara dijadikan tolak ukur seorang anak yang dianggap layak dibanggakan oleh orangtuanya. Tapi masalah timbul kala anak merasa bahwa juara adalah segalanya sehingga ia belajar untuk menipu hanya untuk terhindar dari kegagalan.

  1. Dengan Mudah Menyetujui Banyak Hal (Memanjakan Anak)

Perlakuan orang tua yang cenderung memanjakan akan tertanam dalam pikiran bawah sadar anak. Hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan menghambat kesuksesan anak¬† di masa depan. Apabila hal ini terus berlanjut, anak akan tumbuh menjadi pribadi egois dan bergantung pada orang lain. Sesekali Anda boleh mengatakan “Tidak” agar mereka tahu perbedaan antara materi yang dibutuhkan dan diinginkan. Atau paling tidak, biarkan mereka berusaha untuk mendapat suatu benda yang sangat mereka inginkan.

  1. Gengsi Terhadap Kesalahan Masa Lalu Anda

Sebagai orang tua berbagi apa saja kesalahan Anda di masa kecil pada anak akan memberikan pendidikan positif pada anak. Bukan mengajarkan anak untuk mengikuti kesalahan Anda dimasa lalu melainkan untuk tidak melakukannya karena itu suatu hal yang salah. Dengan demikian anak Anda akan mendapatkan nilai-nilai pengajaran yang positif dari cerita Anda. Dan hal tersebut akan membuatnya menemukan solusi yang bijak ketika menemui masalah di masa mendatang.

Share Ke Sabahat Anda :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0Share on Tumblr0